KETUA UMUM DAN BENDAHARA YAYASAN PROF. DR. H. KADIRUN YAHYA IKUTI PROGRAM BENCHMARKING DI KOREA SELATAN 2024

  • 18 Mei 2024
  • Acara
  • 174 views

Ketua Umum dan Bendahara Umum Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya turut serta dalam Benchmarking Program di Korea Selatan tahun 2024. Kegiatan ini melibatkan rombongan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) yang terdiri dari 26 peserta, termasuk rektor dan pengurus yayasan dari 16 perguruan tinggi swasta se-Indonesia. Program ini dilaksanakan dari tanggal 11 Mei hingga 17 Mei 2024.

Benchmarking Program yang diselenggarakan oleh ABPPTSI meliputi pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) dan studi banding ke empat universitas besar di Busan dan Seoul, Korea Selatan. Dari Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum Yayasan Dra. Hj. Yasmin Siti Khadijah dan Bendahara Umum Yayasan Hj. Chairunnisya, S.E.

Pada hari pertama, 11 Mei 2024, seluruh peserta berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Seoul, Korea Selatan. Hari kedua, 12 Mei 2024, mereka tiba di Seoul dan melanjutkan perjalanan menuju Nami Island, lokasi syuting drama TV Winter Sonata. Setelah tour di Nami Island, peserta melanjutkan perjalanan ke Busan selama lima jam, di mana mereka makan malam dan beristirahat di hotel.

Hari ketiga, 13 Mei 2024, setelah sarapan, rombongan mengikuti kunjungan teknis ke Dong-A University di Busan. Setelah makan siang, mereka mengunjungi Gamcheon Culture Village, Heundae Beach, The Bay 101, dan Gwangan Bridge. Pada hari keempat, 14 Mei 2024, mereka melakukan kunjungan teknis ke Dongseo University di Busan, kemudian melanjutkan perjalanan ke Seoul dengan kereta cepat KTX.

Pada hari kelima, 15 Mei 2024, peserta mengunjungi Ginseng Center, Cosmetic Shop, Kimchi School, The Blue House, Istana Gyeongbok, Duty Free Shop, dan Bukchon Hanok Village. Hari keenam, 16 Mei 2024, rombongan mengikuti kunjungan teknis ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul dan Sookmyung Womens University, serta mengunjungi Myeongdong Street.

Hari terakhir, 17 Mei 2024, peserta check out dari hotel dan mengunjungi Red Pine Center, Amethyst Factory, dan Cookies Grocery sebelum menuju Bandara Incheon untuk kembali ke Indonesia.

Dalam kegiatan benchmarking ini, dilaksanakan MoU dan studi banding ke universitas besar di Korea Selatan, yaitu Dong-A University, Busan University of Foreign Studies, Dongseo University, dan Sookmyung Womens University, serta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul.

Ketua Umum Yayasan Dra. Hj. Yasmin Siti Khadijah menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperluas jaringan dan memperkuat kerja sama internasional. Kami berharap dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama studi banding ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, ujarnya.

Para peserta berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik untuk hubungan kerja sama yang lebih erat antara perguruan tinggi swasta di Indonesia dan Korea Selatan. Dengan adanya benchmarking program ini, diharapkan akan tercipta inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Kegiatan ini juga memberikan wawasan baru bagi para peserta mengenai sistem pendidikan dan budaya Korea Selatan, yang diharapkan dapat diadaptasi dan diterapkan di institusi pendidikan mereka masing-masing. Dengan semangat kolaborasi dan berbagi pengetahuan, mereka siap menghadapi tantangan baru dalam dunia pendidikan global.

 

(M. Arif Lubis)